Gejala Awal Keputihan Yang Jarang Wanita Tau, Simak Penjelasan Singkatnya

Gejala Awal Keputihan Yang Jarang Wanita Tau, Simak Penjelasan Singkatnya

Keputihan merupakan salah satu keluhan yang banyak dialami oleh kaum hawa. Tidak Menjaga kebersihan area miss v merupakan faktor terbesar yang menjadi penyebab munculnya keputihan. karena pada umumnya keputihan terjadi akibat berkembangnya jamur atau bakteri pada area vagina.
herbal keputihan

Berikut kami paparkan beberapa gejala umum yang sering dirasakan penderita keputihan.

Umumnya, keputihan akan menimbulkan gejala berupa perubahan cairan pada vagina (misalnya menjadi kental, berbau, dan berubah warna). Kondisi ini dapat disertai salah satu atau lebih gejala, seperti gatal, nyeri pada area vagina, nyeri saat buang air kecil, perdarahan saat menstruasi, dan perdarahan setelah berhubungan seksual.

Selain itu, gejala keputihan juga bisa dibedakan berdasarkan penyebabnya. Keputihan yang disebabkan oleh jamur kandida biasanya tidak berbau atau berbau asam, bersifat gatal, dan menyebabkan kemerahan di luar vagina.

Keputihan yang disebabkan oleh vaginosis bakterialis biasanya memiliki cairan keputihan yang berwarna keabu-abuan dan berbau amis.

Keputihan yang disebabkan oleh klamidia menyebabkan rasa nyeri pada tulang panggul atau saat buang air kecil.

Keputihan yang disebabkan oleh penyakit menular seksual trikomoniasis biasanya berwarna kekuningan atau kehijauan, berbuih, berbau amis, dan disertai rasa perih saat buang air kecil.